Saturday 15 November 2014

Yeh Jawaani Hai Deewani

Ini adalah salah satu film India yang sangat aku suka. Film ini sudah rilis di tahun 2013 tapi baru aku tonton di November 2014. Film ini menceritakan tentang kisah cinta dua insan yang memiliki kepribadian yang berbeda jauh yaitu seorang mahasisiwi cantik, pintar, teladan, dan anak rumahan dengan seorang pria tampan, playboy, dan berimpian untuk mengengelilingi dunia. Tokoh utama wanita diperankan oleh Deepika Padukone sedangkan tokoh utama pria diperankan oleh Ranbir Kapoor mantan kekasihnya. Walaupun mereka adalah mantan kekasih, mereka tidak terlihat canggung dalam film ini. Karan Johar memang selalu hebat dalam membuat film romantis. Baik Deep maupun Ranbir benar-benar prfesional dalam memerankan peran mereka masing-masing. 

Aku sangat suka dengan Naina. Ia sangat cantik, pintar, dan juga sederhana. Di sini dia berperan sebagai mahasiswi kedokteran yang sangat rajin dan patuh pada orang tua. Ia tidak pernah keluar kecuali dengan orang tuanya. Pertemuannya dengan Aditi membuatnya ingin merasakan bebasnya berergian. Ia pun memutuskan untuk ikut tour ke Manali. Perjalanan ini ternyata mempertemukannya dengan kawan-kawannya semasa SMA dulu Aditi, Arvi, dan Bunny.






Aku suka adegan ini dimana Naina menjelaskan pada Bunny bahwa sesungguhnya ia juga ingin menjadi remaja pada umumnya. Naina merasa bahwa ia adalah anak yang membosankan. Bunny menanggapi perkataan Naina dengan mengatakan pada Naina bahwa Naina sama dengan remaja India pada umumnya bahkan Naina sangat berani karena memulai perjalanan ini bersama orang-orang asing. Saat itu, Bunny menyuruh Naina untuk mulai mencintai diri sendiri apa adanya. Kata-kata Bunny mebuat Naina merasa lebih baik dan juga membuatnya jatuh cinta pada Bunny.

















Ini adalah adegan dimana Bunny dan Naina bersama-sama mendaki ke puncak terlarang. Konon siapapun yang ke puncak itu tidak pernah kembali. Tapi mereka sama-sama tidak percaya dengan rumor itu. Dalam perjalannannya, Bunny mengeluarkan sebuah buku tentang impiannya dan menceritakannya pada Naina. Sebelumnya, Bunny tidak pernah menceritakan semua itu pada siapa pun. Pada adegan ini ada semacam atmosfer yang menunjukka bahwa mereka saling merasa nyaman satu dan lainnya. Jika Naina telah terungkap perasaannya dengan sebuah lagu sebelum adegan ini, maka Bunny belum menyadari bahwa ia telah jatuh cinta pada Naina.















Sayangnya saat Naina ingin mengatakan cintanya, teman-teman Bunny membawa sebuah amplop yang ternyata isinya bahwa Bunny diterima disebuah Universitas Chicago dengan beasiswa. Hal ini membuat semua yang tahu bangga. Namun juga membuat mereka sedih karena itu berarti  sahabat ini harus berpisah. Akan sulit bagi mereka untuk bertemu dan saling mengunjungi karena jauhnya Chicago. Naina yang hendak mengungkapkan cintanya saat itu mengubur kembali dalam-dalam rasa itu. Ia tidak ingin merusak kebahagiaan Bunny. Baginya, cukup ia yang tahu tentang perasaannya itu.











Bunny pun jadi orang terkenal dan sukses di luar negeri. Ia tak pernah pulang ke India bahkan ketika ayahnya meninggal. Saat itu ia sedang dalam pendakian bersama 24 mahasiswa. Ayahnya meninggal hari senin dan ia pulang dari pendakian hari sabtu. Ia tidak pulang ke India karena ayahnya tentu sudah dikremasi. Tidak ada yang perlu dikunjungi karena hubungannya dengan ibu tirinya pun tidak begitu baik. Tak terasa telah 8 tahun sejak awal kepergiannya ke Chicago. Hingga suatu hari ada sebuah email yang berisi video dari aditi. Aditi mengabarkan pada Bunny bahwa ia akan menikah dengan perayaan yang sangat meriah. Dalam video itu aditi telah menjadi wanita yang feminim dan cantik berbeda 180 derajat dari sejak terakhir mereka bertemu. Adity sangat menyayangi Bunny. Dia sangat menantikan kehadiran sahabat-sahabatnya dalam pernikahannya. Bunny yang tak pernah pulang dimohonnya untuk pulang dan hadir ke pernikahannya. Di sini aku sangat menyukai persahabatan tiga orang itu antara Arvi, Aditi, dan Bunny. Sebuah pelajaran berharga bahwa hubungan wanita dan pria tak harus dan tak selamanya cinta sepasang kekasih tapi juga cinta persahabatan. Karena cinta persahabatannya itulah, Bunny pun terketuk hatinya untuk pulang.














Kepulangannya mempertemukan kembali dia dengan Naina di pernikahan Adity. Mereka banyak menghabiskan waktu bersama. Sepanjang kebersamaan mereka aku paling suka obrolan mereka yang menjelaskan betapa berbedanya mereka. Tapi menurutku perbedaan mereka sangat unik dan saling melengkapi. Disinilah mereka sangat romantis dan serasi.




















Sebuah pelajaran berharga lagi dari film ini, sebuah kalimat yang diucapkan Naina pada Bunny ketika Bunny mengajak Naina untuk menonton pertunujkkan yang jarang sekali ada. Saat itu Naina ingin melihat sunset dan Bunny masih menyayangkan jika mereka tak hadir dipertunjukan itu. Naina berkata bahwa  "Kau sudah berusaha semaksimal mungkin Bunny, tapi kau pasti akan melewatkan sesuatu dalam hidup ini. Mari kita nikmati saja saat ini."













Tapi, saat mereka saling mengatakan cinta aku belajar arti kedewasaan, kejujuran, ketidak egoisan hati. Mereka sadar mereka saling mencintai tapi mereka sadar mereka berbeda. Naina tak mungkin ikut Bunny ke luar negeri. Keluarga dan karirnya ada di India. Dia tidak pernah pergi jauh dan lama meninggalkan keluarganya dan budayanya. Sedangkan Bunny memiliki karir yang menunggunya di Paris. Impiannya sedang menunggunya di sana. Adegan kegelisahan mereka berdua sangat menyentuh hati. Mereka tidak berdaya pada cinta tapi mereka juga mencintai impian masing-masing.















Namun akhirnya, Bunny sadar bahwa ia tidak bisa hidup terus mengelana. Ia pasti akan merindukan tanah kelahirannya. Ia sadar ia tidak bisa hidup tanpa Naina. Naina adalah pelengkap hidupnya. Dari sini aku percaya, akan ada seseorang yang membuat kita mengalah karena dengan begitu kita membahagiakannya dan membahagiakan diri kita. Akan ada seseorang yang bersedia mengalah untuk kita demi kebahagiaan bersama. Saling mengerti, membutuhkan, dan melengkapi.














Yeh Jawaani Hai Dewani


Bonus: Lirik Lagu Kabira dan artinya yang menggambar Bunny

1 comment: